Home » » 7 Tips Mengelola Gaji Bulanan Agar Tak Cepat Ludes

7 Tips Mengelola Gaji Bulanan Agar Tak Cepat Ludes

Advertisement
Tips ampuh mengelola gaji bulanan - sudah seharusnya kita memahami tentang pengelolaan keuangan, terutama keuangan yang dihasilkan dari gaji yang anda terima setiap bulannya agar nantinya dapat dipergunakan lebih efektif dan efisien.

Hal ini sangat perlu anda pelajari, sebab tidak sedikit orang yang memiliki kesulitan dalam mengelola gaji bulanan, sehingga gaji tersebut ludes tak tersisa. Terlebih lagi di era modern saat ini yang penuh dengan godaan disana sini yang mempercepat ludes nya uang gaji anda.

tips mengelola gaji bulanan


Nah agar tidak mengalami nasib yang demikian, kami telah merangkumkan beberapa strategi dalam mengelola gaji bulanan agar tidak cepat ludes, dan bahkan anda bisa menabung dan mengembangkannya untuk bisnis yang anda sukai. Apa sajakah itu ? silahkan disimak sampai habis dibawah ini.

1. Menabung itu wajib

Menabung adalah salah satu cara yang bisa anda lakuka agar memiliki masa depan yang cerah, sebab dengan memiliki tabungan, semua kebutuhan yang anda inginkan pasti dapat dengan mudah untuk dipenuhi. Kebanyakan orang masih malas dengan yang namanya menabung, atau ingin sekali menabung namun salah dalam melangkah, mereka hanya akan menabung jika ada uang sisa dari gaji barulah ditabungkan. Padahal menabung yang baik adalah, menyisihkan uang dengan nominal tertentu untuk ditabung, dan sisanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Jadi misalkan anda memiliki penghasilan 3 atau 4 juta per bulan, sisihkan terlebih dahulu sebesar 700 ribu hingga 1 juta rupiah untuk di tabungkan, lalu selebihnya bisa kalian kelola melalui anggaran belanja bulanan.

Baca juga : Jangan salah pilih, inilah ciri bisnis MLM yang baik dan aman untuk diikuti


2. Membuka rekening lebih dari satu

Untuk lebih memaksimalkan anda dalam menabung, saran terbaik ialah dengan membuka dan memiliki dua buah rekening yang berbeda. Satu rekening bisa kalian pergunakan untuk menerima gaji bulanan sekaligus mengelolanya, dan rekening lainnya dikhususkan untuk menyimpan dana tabungan anda. Jadi sesaat anda telah menerima gaji bulanan, silahkan anda transferkan uang yang akan anda tabungkan ke rekening khusus tabungan ini.

Untuk masalah bank tempat membuka rekening bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda, untuk rekening khusus tabungan sebaiknya menggunakan bank yang memberikan nilai potongan bulanan paling rendah seperti misalnya bank BRI.

3. Buat anggaran belanja bulanan

Tips pertama yang bisa kalian lakukan agar nantinya anda bisa mengelola gaji bulanan ialah dengan membuat daftar anggaran belanja bulanan. Anggaran belanja ini terbagi kedalam dua golongan yaitu anggaran primer, yang meliputi kebutuhan makan dan minum, biaya kost, biaya transport ke tempat kerja, cicilan sepeda motor jika ada. Kemudian yang kedua ialah anggaran kebutuhan tersier seperti kebutuhan untuk berwisata di akhir bulan, jalan jalan, belanja baju dan lain sebagainya. Dengan memiliki anggaran belanja bulanan, anda akan dapat dengan mudah memilah milah mana yang sebaiknya didahulukan dan mana yang seharusnya ditangguhkan di lain waktu.


4. Bayar hutang tepat waktu

Siapa yang tidak pernah memiliki hutang, rasanya hampir rata rata semua orang memiliki permasalahan akan utang piutang. Nah ketika gaji bulanan sudah anda terima, sebaiknya segeralah untuk dibayarkan sehingga nantinya tidak membebani anda dilain waktu. Beberapa tagihan hutang ini meliputi banyak hal, mulai dari hutang pribadi, tagihan telepon, air dan listrik, hingga cicilan sepeda motor. Membayar hutang tepat waktu adalah cara terbaik dalam mengelola keuangan bulanan, dan juga sangat penting agar semua kebutuhan primer anda nantinya tidak terganggu gara gara memiliki hutang yang tak kunjung dibayar.


5. Buat pembukuan uang harian

Saat anda berbelanja biasanya anda akan menerima catatan belanjaan yang kita kenal dengan istilah struk belanja bukan ? struk belanja ini sangat berguna sekali untuk kegiatan pembukuan keuangan anda, dengan adanya bukti pembelanjaan ini anda dengan mudah menelusuri kemana saja uang anda mengalir keluar. Selain itu dengan adanya daftar belanjaan ini, anda dapat dengan mudah memilah milah barang mana yang seharusnya dibeli dan yang tidak dikemudian hari, yang pada akhirnya akan membuat keuangan anda lebih hemat dan terkontrol.


6. Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Di jaman modern seperti saat ini kebutuhan berhutang pun akan sangat mudah anda dapatkan, khususnya bagi anda yang memegang kartu kredit yang memberikan anda kemudahan dalam berhutang. bahkan biaya tahunan dari sebuah kartu kredit tergolong mudah, selain itu dengan berbelanja menggunakan kartu kredit kita bahkan bisa memperoleh barang dengan bunga cicilan nol persen, hemmm tentu sangat menggiurkan sekali bukan ?

Bagaikan pisau bermata dua, memiliki kartu kredit bisa lebih menghemat anda dalam hal pengeluaran, secara jika kita membeli dengan menggunakan kartu kredit harganya pasti jauh lebih murah dibandingkan dengan jika kita melakukan cicilan secara manual. Namun dengan memiliki kartu kredit pula, kita menjadi liar dan tak terkontrol dalam hal blanja. Oleh sebab itu gunakanlah secara bijak kartu kredit yang kalian miliki, belanja lah barang yang sekira nya memang anda sangat butuhkan saja. Dan di setiap akhir bulan biasanya anda akan memperoleh tagihan kartu kredit, jika kalian memiliki tanggungan sebaik mungkin lakukan pelunasan dengan segera.


7. Pertimbangkan juga masalah investasi

Saat uang tabungan anda sudah banyak dan kebutuhan harian juga semakin terkontrol, tentu saja anda akan memiliki banyak sekali uang yang bisa kalian investasikan untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Investasi tentu saja berbeda dengan menabung, jika anda menabung maka uang tabungan tadi tidak dapat berkembang, sedangkan untuk investasi ini uang bisa kalian kelola kembali sehingga anda akan memperoleh penghasilan yang lebih besar lagi.

Investasi juga terbagi kedalam dua jenis, yang pertama adalah investasi jangka pendek, yang artinya dalam jangka waktu yang pendek anda bisa memperoleh hasilnya. Contoh investasi jangka pendek seperti memiliki tabungan deposito di bank, memiliki saham di perusahaan tertentu, trading forex dan lain sejenisnya.

Sedangkan untuk jenis investasi yang kedua ialah investasi jangka panjang, yang artinya anda memerlukan waktu yang lama untuk bisa mencicipi hasilnya. Untuk contoh investasi jangka panjang meliputi kepemilikan emas, membeli properti baik berupa tanah maupun bangunan, membeli asuransi, ikut program reksadana dan lain sejenisnya,

Baca juga : Inilah daftar pekerjaan sampingan dengan gaji mahal yang bisa kalian coba

Nah itulah tadi beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengelola gaji bulanan anda agar tidak langsung ludes tak tersisa. Semoga bermanfaat dan silahkan di share jika memang anda merasa perlu membagikannya. Salam sukses.


Advertisement