Home » » Ketahui Ciri Bisnis MLM Yang Baik, Sehat Dan Terpercaya

Ketahui Ciri Bisnis MLM Yang Baik, Sehat Dan Terpercaya

Advertisement
Ciri bisnis MLM asli terpercaya - Bisnis Multi Level Marketing yang disingkat dengan MLM adalah salah satu metode berbisnis yang banyak dimanfaatkan untuk menjual barang serta jasa atau investasi guna menarik calon member dengan berbagai iming iming yang sangat menarik. Pada mulaya metode ini digunakan untuk memasarkan barang atau jasa agar lebih cepat dan lebih efisien, namun seiring perkembangannya saat ini banyak sekali disalah gunakan oleh beberapa orang atau kelompok dengan tujuan memperkaya diri mereka sendiri.

Metode dari MLM ini sebenarnya sangat menarik yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan cara penjualan konvensional atau tradisional yang harus melalui distributor, agen, dan toko pengecer. Di sistem penjualan MLM ini barang dari produsen akan langsung sampai ke tangan calon konsumen. Atau dengan kata lain metode dari bisnis ini adalah memangkas jalur yang amat panjang tadi dan meminimalisir bengkaknya biaya pendistribusian sehingga barang yang dijual secara MLM ini lebih murah ketimbang harga di toko.

mlm oriflame
salah satu contoh MLM milik oriflame via http://id.oriflame.com/


Dan pada praktiknya dilapangan sistem MLM banyak disalah gunakan oleh orang orang yang memainkan uang yang biasa dikenal dengan skema ponzi atau money game namun mereka menutupi kedoknya bahwa ini adalah sistem MLM. Bisnis money game yang berkedok MLM biasanya memiliki ciri umum barang yang dijual tidak ada manfaatnya, harganya sangat tidak rasional mahalnya. Contoh minyak "A" sebanyak 6 botol dijual RP800.000. Padahal sistem MLM sebaliknya, mereka menjual produk dengan harga sangat murah.

Baca juga : Berbagai tips untuk menjadi wirausaha yang sukses

Seiring perkembangannya di indonesia ini sudah sangat menjamur sekali bisnis bisnis MLM yang didirikan. Namun sebagian besar diantaranya hanyalah kedok dari kegiatan money game yang hanya mementingkan mencari member dan keuntungan dari member baru tadi, tak jarang banyak yang menjadi korban dari bisnis money game yang berkedok MLM ini. Sehingga citra atau nama bisnis MLM ini yang semula ditujukan untuk mempercepat penjualan produk dan memberdayakan para agen mereka menjadi negatif dimata masyarakat umum yang tidak tahu dan tidak bisa membedakan mana MLM yang sesungguhnya dan mana yang hanya sebuah kedok.

Nah untuk itu anda pun harus lebih tahu dan cermat dalam membedakan antara bisnis asli MLM dengan bisnis permainan uang yang berkedok MLM. Beberapa point dibawah ini mungkin harus anda perhatikan dengan cermat dan teliti sebelum kalian bergabung didalamnya.



1. Memiliki Jasa atau Produk

Bila kalian ditawari oleh orang untuk ikut bisnis MLM pastikan hal yang pertama anda tanyakan adalah produk barang atau jasa apa yang mereka tawarkan. Biasanya MLM yang sesungguhnya memiliki produk dan jasa yang dijual serta memiliki kualitas yang bisa dipertanggung jawabkan, serta produk tersebut biasanya juga dibutuhkan banyak orang. Mereka sangat mengedepankan produk daripada mencari member. contoh nyata bisnis MLM yang asli mengutamakan produk dan berjalan dengan baik diantaranya adalah ORIFLAME yang menjual produk kecantikan dari swedia tang telah berdiri sejak tahun 1967 silam, atau IFADAHSYAT yang fokus menjual pakaian import serta aksesoris lainnya yang telah lama berdiri tahun 1990 silam, atau AMWAY yang dikenal sebagai bisnis MLM tertua yag didirikan pada tahun 1959 di micigan amerika dan telah berkembang di hampir seluruh belahan dunia saat ini.

ifadahsyat mlm
salah satu bisnis MLM ifadahsyat dengan fashion dan aksesorisnya via http://www.ifadahsyat.com/


Berbeda halnya dengan MLM palsu atau bisnis money game yang berkedok sebagai MLM, mereka bahkan tidak mengutamakan produk apa yang dijual, beberapa malah tidak ada produk sama sekali dan yang penting adalah mencari member baru. Anda harus waspada dengan cara yang seperti ini sebab sangat beresiko terhadap finansial anda.


2. Upline Mau Membantu Downline

Didalam bisnis MLM yang sehat dan baik basanya para upline atau senior mereka selalu aktif memberi wejangan kepada member barunya baik dalam hal cara menawarkan dan menjual produk yang baik atau cara merekrut calon member lain yang mungkin saja tertarik untuk ikut program MLM mereka. Biasanya para senior sangat berusaha keras membantu para pemula yang belum sepenuhnya paham akan model bisnisnya sampai mereka benar benar bisa.

Berbeda dengan MLM abal abal yang digunakan sebagai kedok belaka, mereka hanya mengandalkan bawahannya saja tanpa mau bersusah payah memberikan bimbingan dan penjelasan. jika berhasil merekrut member baru ya sudah mereka cuek sebab sudah meraih keuntungan dari mereka. Bila kalian menemukan indikasi seperti ini sebaiknya jangan diteruskan.

3. Memiliki Sistem Bagi Hasil Yang Transparan Dan Adil

Bisnis MLM yang sesungguhnya memiliki cara kerja dan sistem pembagian hasil yang jelas kepada seluruh membernya tanpa melihat apakah dia senior atau junior. Biasanya disesuaikan dengan kerja keras dari mereka masing masing, misalnya jika mampu menjual 10 produk akan mendapatkan persenan sekian, dan jika tidak dapat menjual ya tidak akan mendapatkan apa apa, hampir sama dengan sales motor ya, jika bisa menjual dapat insentif dan bila tidak menjual apapun ya tidak ada bonus.

Untuk bisnis MLM yang abal abal biasanya member lama atau senior malah mendapatkan keuntungan lebih besar dari juniornya. Bahkan para senior tida harus melakukan apa apa bonus akan tetap mengalir sehingga yang lebih dulu masuk sebagai member akan sukses duluan, sedangkan member baru akan kesulitas untuk meraih sukses. Jika kalian ditawari MLM dengan sistem yang seperti ini sebaiknya tidak kalian ambil.


4. Harga Produk yang Dijual Logis

Semua produk baik barang ataupun jasa yang dijual secara MLM yang benar baik dan sehat selain kualitasnya terjamin, harga yang dijual pun wajar dan sesuai dengan kualitasnya atau bahkan bisa lebih murah dari harga dipasaran.

Berbeda halnya dengan MLM abal abal yang menjual produk sangat mahal bahkan bisa sampai 10 kali lipat dari harga pasaran dan mereka mengatakan jangan melihat harganya yang mahal, tapi lihat ketika sudah menjadi anggota. Nah jika kalian menemukan yang seperti ini sebaiknya kalian hindari. Sebab harga tak masuk akal ini adalah bagian dari menutupi biaya sistem yang mereka buat yang sangat rentan terhadap kolaps atau bangkrut.


5. Berbadan Hukum Jelas

Pastikan kalian sebelum bergabung dengan bisnis yang mengaku MLM anda pastikan mereka sudah dalam bentuk PT, memiliki surat ijin usaha serta nomor pajak dan kelengkapan administrasi lainnya. Hal ini untuk pertanggungjawaban kegiatan MLM tersebut pada para membernya serta konsumen non member yang menggunakan produk mereka.

Baca Juga : Peluang bisnis di bidang otomotif yang sangat menjanjikan

6. Support Sistem yang Baik

Suatu perusahaan yang bergerak dibisnis MLM yang baik dan sehat biasanya memiliki tim support baik melalui media online maupun offline yang tentunya dapat dengan mudah diakses oleh para member yang sangat berguna untuk mengoptimalkan segala urusan marketing mereka. Untuk media online biasanya memiliki website resmi, kontak seperti hotline serta memiliki kantor cabang di beberapa kota besar.

salah satu produk MLM amway dengan keperluan rumah tangga nya via 123rf.com



Bila kalian tertarik untuk terjun di bisnis MLM ini dan tidak tahu apakah itu MLM yang baik dan sehat ataukah hanya kedok perhatikan berbagai hal dibawah ini.

Perusahaan telah memiliki Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung atau SIUPL

Surat ijin SIUPL adalah surat iji yang dikeluarkan oleh lembaga yang menyatakan bahwa produk MLM dari perusahaan tersebut diperbolehkan dan di ijinkan yang biasanya ada kode tertentu didalam produk MLM yang menandakan produk tersebut legal diperjual belikan dengan sistem MLM.

Memiliki produk yang jelas dengan harga wajar

Bisnis MLM yang baik dan sehat biasanya memiliki produk yang dijual dan produknya tidak hanya 1 jenis, melainkan banyak sekali jenis yang ditawarkan seperti elektronik, kosmetik kecantikan, fashion, aksesoris dan lain sebagainya. Pastikan jika produk tersebut berupa kosmetik kalian tanyakan secara detail ijin SIUPL bahwa produk tersebut benar benar legal dijual secara MLM. Dan satu lagi, jangan terlalu buru buru dalam menjual produk terkait, sebab jika dikemudian hari produk tersebut bermasalah maka anda juga yang kena apesnya.

Baca Juga: Peluang Dan Analisa Usaha Cuci Motor Yang Menggiurkan
Nah itulah tadi ulasan mengenai ciri bisnis MLM yang benar benar bagus sehat dan baik untuk di ikuti. Ingat bisnis MLM bukanlah bisnis cepat kaya, namun bisnis penjualan berjenjang dimana ketika anda mampu menjual maka anda akan mendapatkan bonus tambahan, serta jika kalian yang memakai produk tersebut sendiri maka harganya akan lebih murah lagi. Pastikan kalian mencari sumber referensi sebanyak banyaknya di internet maupun di dunia nyata anda mengenai bisnis MLM yang kalian minati. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.


Advertisement