Home » » Tips Bisnis Kue Kering Menjelang Lebaran

Tips Bisnis Kue Kering Menjelang Lebaran

Advertisement
Tips jualan kue kering lebaran - dewasa ini mengelola bisnis di bidang kuliner sangatlah menjanjikan, selain itu potensi untuk mencicipi manisnya bisnis yang satu ini serta potensinya pun cukup baik. Bisnis kuliner di indonesia bisa dikatakan semakin berkembang dan inovatif dalam hal penyajian, terutama untuk hal hal baru seperti jenis dari makanan yang ada, pengaturan penampilan yang menarik selera, hingga penamaan dari makanan yang tergolong unik yang bisa semakin memikat minat calon pelanggan.

Tips Bisnis Kue Kering Menjelang Lebaran


Dari sekian banyak bisnis yang lumayan menjanjikan di bidang kuliner, selain menjual makanan yang termasuk kedalam menu makanan pokok adalah dengan berjualan kue kering. Peluang bisnis yang satu ini sangat besar potensi nya, mengingat permintaan pasar yang semakin meningkat saat memasuki bulan puasa sampai lebaran tiba, hal ini tentu akan membuat omset bisnis anda semakin menggila.

Bagi anda yang kemungkinan tertarik untuk mencoba peruntungan membuka usaha jualan kue kering, beberapa tips yang telah kami rangkumkan dibawah ini mungkin akan bermanfaat dan bisa untuk diterapkan dalam berbisnis kue kering.

Tips Berbisnis Kue Kering



1. Memilih jenis kue kering

Sebelum terjun kedalam bisnis jualan kue kering ini, langkah pertama yang wajib anda lakukan ialah dengan menentukan jenis kue kering seperti apa yang nanti akan kita buat dan kita jual. Untuk pemilihan jenis kue kering ini tentu saja adalah jenis kue kering yang laku dan banyak dicari dipasaran, untuk itu anda perlu melakukan survey kecil kecilan dengan bertanya ke beberapa orang mengenai kue kering seperti apa yang mereka suka.

Selain itu anda pun harus menyesuaikan kemampuan dalam membuat kue kering yang diinginkan, seperti pengetahuan resep membuat kue kering yang enak, mudah atau sukarnya proses pembuatan kue kering, hingga harga yang terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Akan jauh lebih keren lagi jika kalian mampu menciptakan sebuah resep kue kering yang enak, proses pembuatannya cepat dan pastinya harganya terjangkau, akan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri bagi bisnis kue kering anda.

Baca juga : Peluang usaha dan cara buat telur asin burung puyuh

2. Ciptakan Sesuatu Yang Unik / Baru

Hingga saat ini sudah sangat banyak sekali jenis jenis kue kering berbagai model dan bentuk serta cita rasa yang berbeda beda. Beberapa orang mungkin saja mulai bosan dengan kue kering yang itu itu saja sehingga akan jauh lebih bagus lagi jika anda mampu menciptakan kue kering yang benar benar baru, mulai dari resep, bentuk hingga cita rasa yang ditawarkan.

Tips Bisnis Kue Kering Menjelang Lebaran


Salah satu terobosan yang mungkin juga membuat anda tertarik untuk mencobanya adalah, membuat resep kue kering yang rendah gula dan dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit gula darah atau diabetes, Dengan nilai tambah yang ada pada produk kue kering buatan anda ini, akan membuat kue kering buatan anda diburu terutama oleh orang orang yang memiliki masalah pada kadar gula dalam darah mereka yang mengharuskan menjauhi berbagai kue / makanan yang mengandung gula.


3. Membuat Penampilan Kue Yang Menarik

Mungkin anda ingin membuat kue kering yang pada umumnya banyak di cari seperti kue nastar, dengan membuat tampilan kue lebih menarik saja sudah dapat membuat kue nastar buatan anda ini terlihat unik dibanding kue nastar lainnya. Degan bentuk yang unik, apalagi menggemaskan akan membuat mata calon konsumen langsung tertuju kesana dan membelinya.


4. Perhatikan Masa Kadaluarsa Kue

Beberapa jenis kue kering tentunya memiliki masa kadaluarsanya, oleh sebab itu pastikan anda memperhatikan masa kadaluarsa ini pada kue yang kalian buat dengan menantumkan label kadaluarsa di setiap produk kue. Hal ini selain bertujuan untuk menjauhkan kerugian di pihak konsumen, juga akan mengurangi masalah masalah yang mungkin saja timbul di kemudian hari.


5. Tentukan Target Pasar

Jika kalian termasuk kedalam golongan pemula dalam membuat kue kering, sebaiknya anda fokuskan target pasar di lingkungan sekitar terlebih dahulu. Mungkin anda bisa membidik para tetangga, saudara dekat maupun teman teman kalian. Silahkan anda tawarkan produk kue kering ini kepada mereka untuk mencobanya sebagai sampel atau tester, dan jangan lupa juga tanyakan bagaimana cita rasa nya, apakah ada yang kurang ataukah tidak, Jika kebanyakan dari mereka mengatakan suka terhadap kue kering buatan kalian, anda bisa melangkah lebih jauh lagi yakni menjualnya di kalangan yang lebih luas, bisa dijual secara online di berbagai situs marketplace lokal yang populer seperti tokopedia, bukalapak, lazada dan lain sebagainya.


6. Aktif Memasarkan Melalui Media Online

Tren baru di era digital saat ini, untuk menawarkan berbagai produk baik buatan kita sendiri maupun buatan orang lain yang kemudian kita jual ialah dengan cara online. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh para pengusaha yang sukses meraup untung dari jualan menggunakan media online seperti facebook, instagram, twitter maupun membuka beberapa toko online di marketplace lokal yang populer. Aktif di berbagai media online untuk menawarkan produk kue kering ini adalah salah satu strategi yang sangat ampu untuk membuat bisnis anda sukses, terlebih lagi jika anda tidak memiliki cukup banyak modal untuk membuat sebuah website toko online sendiri.

Baca juga : Peluang bisnis yang menjanjikan dilakukan di malam hari

7. Jujur dalam Usaha

Tips terakhir yang akan kami sampaikan dalam berbisnis kue kering ini ialah tentang sebuah kejujuran dalam berbisnis. Kadang kala karena demi meraup untung yang berlimpah, banyak para pelaku bisnis, terutama di bidang kuliner yang meminimalisir pengeluaran melalui bahan baku. Misalkan saja menggunakan bahan baku yang kualitasnya kurang bagus, mengurangi resep, maupun menggunakan bahan pengawet berbahaya yang justru malah menurunkan kualitas dari kue. Selain dosa dan rasa bersalah yang akan selalu menghantui anda, konsumen pun akan dirugikan akan hal ini. Maka dari itu berbuatlah jujur dalam berusaha apapun itu bentuknya, termasuk dalam hal membuat kue kering ini.

Catatan

Bisnis membuat kue kering ini termasuk kedalam bisnis musiman, namun bila kalian pandai dalam membidik pangsa pasar, tentu saja bisnis ini bisa jadi bisnis yang memiliki prospek besar sepanjang musim.

Nah itulah tadi beberapa tips dalam berbisnis membuat dan juga menjual beraneka ragam kue kering, semoga bermanfaat dan monggo silahkan dibantu share.

Sumber : cermati



Advertisement