Home » » Pentingnya Membuat Desain Logo Kuliner

Pentingnya Membuat Desain Logo Kuliner

Advertisement
Desain logo pernahkah anda mendengan tentang desain suatu logo usaha?,logo memang tidak dapat dipisahkan dengan apa yang kita jual kepada kalayak umum karena logo adalah salah satu gambar yang didesain sedemikian rupa untuk menyimbolkan usaha / bisnis yang kita geluti terlebih usaha di bidang kuliner. Untuk urusan desain anda dapat menyerahkan sepenuhnya kepada para ahli desain karena memang itulah keahlian mereka.

Logo dalam suatu bidang usaha sangat penting karena logo memiliki fungsi yang paling utama sebagai pengikat suatu produk yang nantinya akan membantu para konsumen kita untuk lebih mudah mengingat produk dari kita. Seberapapun hebatnya anda melakukan marketing usaha tanpa adanya logo adalah suatu hal yang sia sia saat ini.


Untuk membuat desain logo kita tidak bisa langsung membuat secara asal,sebaiknya ada filosofi dibalik logo yang anda buat tadi. Coba anda lihat logo sebuah perusahaan asal bandung yang kita kenal dengan nama EIGER. Logo khas produk mereka adalah sebuah lingkaran oval yang didalamnya terdapat simbol segitiga yang menyerupai gunung. Ya eiger adalah salah satu perusahaan lokal indonesia yang memproduksi segala macam perlengkapan alat petualangan di alam terbuka mulai dari tas ransel,sendal,jaket,peralatan panjat tebing,pisau hutan,teropong,kompas pokoknya komplit. nah,hanya dengan melihat logo dari EIGER semua orang tahu dan ingat dengan semua produk keluaran mereka.

logo usaha kuliner


Nah dari sedikit contoh diatas kita dapat menyimpulkan beberapa fungsi logo yang diantaranya adalah :
  • Pintu gerbang menuju kedalam pemikiran para konsumen.
  • Mempermudah kita dalam memasarkan produk ( media promosi ).
  • Sebagai pembeda antara produk dari produsen satu dengan yang lainnya.
  • menjadi penanda keaslian produk.
  • Menaikkan gengsi bagi para penggunanya,misal celana jeans LOUIS VUITTON dengan logo LV nya,Blackberry dengan logo khas blackberrynya,MC.donnals dengan logo andalannya.


Kembali lagi ke topik kita mengenai logo kuliner,untuk logo kuliner,Tidak ada alasan bagi pelaku usaha kuliner berskala kecil untuk TIDAK membuat logo mereka. Coba bayangkan usaha hanya skala kecil bisa dibilang usaha rumahan,tanpa adanya logo sebagai media pengenalan produk tentu akan merasa kesulitan nantinya dalam memasarkan produknya. 

Untuk membuat desain logo sebuah produk anda juga harus memperhatikan hal hal yang berikut ini :

1.Sebuah logo harus dibuat berbeda dengan kompetitor / pesaing.
Jangan pernah sesekali anda membuat logo yang meniru dengan logo produk lain karena selain dianggap menjiplak dan rawan akan tuntutan hukum,juga memiliki kesan kalau kita hanyalah tukang copy produk dimata konsumen.

2.Logo harus mudah di ingat oleh para konsumen.
Membuat logo janganlah terlalu rumit,buatlah desain logo yang sesimple mungkin dengan tujuan agar dapat dengan mudah di ingat oleh para konsumen nantinya.

3.Logo memiliki jangka waktu pakai yang lama.
Maksud dari logo memiliki jangka waktu yang lama adalah satu logo yang telah anda buat pakailah selamanya kalau bisa. Bila ingin mengganti logo usahakan jangan terlalu sering minimal dalam kurun waktu 8 atau 10 tahun an.

4.Logo harus dapat dengan mudah kita aplikasikan di dalam produk.
Desain logo yang mudah diaplikasikan kedalam produk ini maksudnya adalah dibuat sesimple mungkin dan logo dapat disematkan kedalam produk kita yang memiliki ukuran sangat kecil. Contoh desain logo yang mudah diaplikasikan dan tidak banyak memakan tempat seperti logo NIKE.

5.Logo jangan dibuat terlalu detail.
Kesalahan utama pada pemilik bisnis adalah membuat desain logo yang terlalu rumit sehingga terasa kurang sedap dan membosankan untuk dipandang. Misal saja membuat logo produk makanan beserta gerobak dan penjualnya.


Diluar sana banyak sekali para desainer logo yang menawarkan jasa desain logo dengan harga yang terjangkau oleh kantong,anda dapat mengkontak salah satu teman yang selain menjadi freelancer juga ahli dalam urusan desain logo dengan mengunjungi situs pribadi miliknya di www.portal-uang.com.

Atau anda juga bisa coba iseng membuat desain logo sesuai keinginan anda dengan tetap berpedoman yang telah saya uraikan diatas tentunya melalui beberapa situs dibawah ini :

  • http://www.freelogoservices.com/
  • https://www.thefreelogomakers.com/
  • http://www.logogarden.com/
  • http://www.logogenie.net/logo-design
  • http://www.onlinelogomaker.com/



Advertisement