Home » » Tempat Wisata Terkenal Di Blitar Lengkap

Tempat Wisata Terkenal Di Blitar Lengkap

Advertisement
Banyak sekali tempat wisata yang terkenal di kabupaten blitar ini,blitar merupakan sebuah wilayah yang berada di bagian selatan dari provinsi jawa timur yang memiliki segudang cerita unik serta kawasan wisata yang terkenal dan eksotis. Di blitar ini pula lah telah bersemayam jasad bapak pemimpin bangsa,bapak pendiri bangsa dan bapak proklamator Bung Karno. Memiliki luas wilayah serta bentang alam yang sangat beraneka ragam membuat daerah ini memiliki banyak tempat tempat wisata yang wajib anda datangi ketika anda berkunjung kesini.

Begitu pula dengan potensi wilayahnya yang menurut saya pribadi masih belum digali secara penuh baik oleh para pemerintah daerah maupun warganya sendiri. Kali ini akan saya bagikan bberapa destinasi wisata yang wajib untuk anda kunjungi bila anda sedang berada di kabupaten blitar ini. Berikut adalah beberapa destinasi wisata terkenal yang ada di kota blitar :



makam bung karno
Makam sang proklamator adalah salah satu destinasi wisata utama yang wajib anda singgahi Selain museum Bung Karno .

Di makam inilah jasad sang pendiri bangsa kita dikebumikan. Makam Bung Karno ini sendiri sangat ramai dikunjungi baik pada hari libur maupun hari hari biasa,sangat disayangkan ketika anda berada di blitar tidak berkunjung ke makam Bung karno. 

Untuk memasuki kompleks makam anda tidak ditarik sepeserpun biaya masuk, selain itu anda juga dapat berbelanja oleh oleh dan souvenir khas blitar yang dijajakan di sekeliling area kompleks makam.Pada area ini juga terdapat perpustakaan serta museum Bungkarno.





candi penataran
Candi ini berdiri kokoh di bagian utara kota blitar tepatnya berada daerah penataran yang berlokasi di kaki gunung kelud.

Penamaan candi penataran ini sesuai dengan dimana candi ini berdiri yang berlokasi di desa penataran kecamatan nglegok kabupaten blitar,candi penataran ini dikenal pula dengan sebutan candi palah. Candi ini adalah bangunan mahakarya dari tiga dinasti kerajaan besar yang ada di indonesia yakni singasari,kediri dan majapahit.

Dari beberapa prasasti menyebutkan candi ini didirikan pertama kali pada masa pemerintahan kerajaan kediri yang kemudian kediri mengalami keruntuhan dan selanjutnya diteruskan pada masa kerajaan singasari dan berlanjut oleh kerajaan majapahit.

Candi penataran ini mendapatkan perhatian yang sangat khusus oleh pemerintah kota blitar ini untuk dijadikan destinasi tujuan wisata setelah makam Bung Karno. Berbagai fasilitas pendukung telah banyak dibangun dan beberapa pemugaran telah di laksanakan untuk menata kembali penataran yang akan dijadikan objek wisata nomor satu di blitar nantinya. Maka dari itu sempatkanlah anda untuk berkunjung ke candi penataran ini.




pantai tambak rejo
Destinasi wisata selanjutnya adalah wisata alam yakni pantai tambak rejo yang menjadi destinasi wisata alam andalan kota blitar. Pantai ini terletak di desa tambak rejo,kecamatan wonotirto kabupaten blitar jawa timur.

Di pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin untuk sekedar menenangkan diri karena deburan ombak yang lembut dapat membuat siapapun akan terhipnotis.

Anda pun dapat melihat pemandangan para nelayan yang baru pulang melaut dan menyandarkan kapal. Andapun juga bisa langsung membeli kepada para nelayan untuk hasil tangkapan mereka yang dijamin segar. Disekitar pantai juga terdapat banyak penjual ikan asap yang dapat anda beli untuk dijadikan oleh oleh.



4.Pantai Setro Gondho Mayit.


pantai pasetran gondho mayit
atau sering juga disebut dengan sebutan pantai pasir putih . Pantai ini letaknya sejajar dengan pantai tambak rejo namun memiliki pemandangan wisata yang jauh lebih asri dan alami ketimbang pantai tambak rejo sendiri.

Di pantai ini pula beredar cerita mistis dan segudang larangan ketika anda menginjakkan kaki di pantai ini. Itulah sebabnya pantai ini masih memiliki pemandangan yang tetap asri tanpa diusik oleh campur tangan manusia.

Di pantai ini pula terkenal dan erat kaitanya dengan cerita kanjeng ratu roro kidul.



5.Pantai Serang.


pantai serang
Pantai ini terletak di desa serang kecamatan panggung rejo kabupaten blitar jawa timur. Yang menarik dari pantai ini adalah keindahan pasir hitam pantai nya yang unik dan berbeda dari pasir pantai kebanyakan yakni berwarna putih.







6.Pantai Jolosutro.


pantai jolosutro


Adalah kawasan wisata alam selanjutnya di blitar tepatnya bagian timur dari kota blitar. Letak pantai ini berada di desa ringin rejo kecamatan wates kabupaten blitar yang mana terletak tidak jauh pula dari perbatasan kota malang. Selain menjadi primadona oleh penduduk / wisatawan dari blitar,pantai yang satu ini juga menjadi destinasi wisata andalan bagi sebagian wisatawan asal malang. 


7.Pantai Peh Pulo.
Pantai ini dikenal juga dengan pantai pasir putih sumbersih karena memang letak pantai ini berada didalam wilayah desa sumbersih kecamatan panggungrejo kabupaten blitar. Jika anda jalan jalan kesana jangan lupa mampir sejenak untuk menikmati pemandangan wisata alam yang 

8.Gua Umbultuk.
gua umbultuk

Gua ini adalah sebuah lorong yang terbentuk dari arus sungai yang mengalir ke bawah yang lama kelamaan mengikis material di sekitar aliran dan terbentuklan sebuah gua,gua inilah yang kemudian diberi nama dengan gua umbultuk.

Terletak di daerah tumpakkepuh kecamatan bakung kabupaten blitar. yang juga di desa ini terdapat pantai yang biasa orang menyebutknya PANTAI PANGI. Gua ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang sangat indah dan beraneka ragam bentuknya.



9.Telaga Rambut Monte.
telaga rambut monte

Telaga monte terletak di daerah desa krisik kecamatan gandusari kabupaten blitar. di telaga ini cocok bagi anda yang sedang ingin refresing karena suasana telaga yang sangat berbeda dari kebanyakan telaga yang lain,airnya yang sangat jernih sehingga kita dapat melihat dengan jelas ikan ikan yang menghuni telaga tersebut. Dan menurut kabarnya didalam telaga ini didiami jenis ikan yang tidak dapat anda temui di tempat lain.

Konon katanya menurut cerita yang beredar di masyarakat ikan ikan tersebut sebenarnya adalah ikan jelmaan manusia,yakni murid dari resi rambut monte yang pernah hidup didaerah ini. Kesan pertama kali bila anda baru datang di tempat ini seperti berada di tempat keramat,dan memang tempat ini penuh dengan cerita mistisnya,maka dari itu jangan suka berbuat jahil ya bila sedang berada di tempat seperti ini untuk menjaga kelestarian tetap terjaga.

10.Monumen PETA Blitar.
monumen PETA blitar

Setiap kota atau daerah tentu memiliki monumen yang dibanggakan yang bisa menjadi simbol suatu daerah,di blitar sendiri terdapat monumen PETA yang menggambarkan heroiknya pemberontakan rakyat blitar kepada tentara jepang yang dipimpin oleh supriyadi.

Dan kemudian di jalan tempat monumen ini berdiri dinamakan jl. Sudanco Supriyadi.

setiap tanggal tertentu di sekitar monumen ini sering diadakan acara teater yang mengangkat cerita yang sama yakni kisah heroik pemberontakan rakyat blitar kepada penjajah jepang.

11.Monumen Trisula.


monumen trisula

Monumen ini didirikan hanya untuk mengenang tragedi pahit yang pernah terjadi di negara tercinta ini yakni tragedi Penumpasan para anggota PKI yang mana diadili langsung ditempat dimana mereka ditangkap ( di dorrr ).

Monumen ini didirikan di blitar selatan tepatnya di daerah desa bakung kecamatan bakung kabupaten blitar. Untuk dapat anda ketahui bahwa kawasan blitar selatan dahulunya adalah pusatnya markas terbesar PKI.





12.Istana gebang.




Sengaja saya tidak saya tulis menjadi satu diatas agar anda tidak bosan membahas wisata blitar yang berhubungan dengan bapak pendiri bangsa kita yaitu bapak soekarno atau yang lebih akrab disebut dengan Bung Karno. Istana gebang sendiri adalah rumah peninggalan orang tua soekarno muda yang mana beliau juga tinggal dan dibesarkan disini,Saat ini istana gebang difungsikan sebagai cagar budaya dan berbagai peninggalan berupa perabotan dan lain lain masih dijaga hingga kini.

istana gebang




13.Petilasan Aryo blitar.


petilasan aryo blitar


Aryo blitar pada masanya adalah seorang adipati penguasa daerah blitar yang dibunuh karena perebutan kekuasaan,yang kemudian keturunan dari aryo blitar ini membalaskan dendam sang ayahnya dengan keris milik ayahnya yang diberikan kepadanya oleh orang yang pernah membunuh ayahnya dahulu.

Petilasan Aryo blitar terletak di kelurahan blitar,kecamatan sukorejo blitar. Petilasan ini diyakini oleh penduduk setempat adalah pusara dari sang penguasa Blitar. Tempat ini pun ramai dibanjiri para peziarah yang hendak berziarah ataupun untuk sekedar memuaskan rasa ingin tahu.

Itulah tadi beberapa tempat wisata yang terkenal di daerah blitar. Sebenarnya masih sangat banyak sekali tempat bersejarah seperti candi,situs sejarah,waduk,bangunan peninggalan kolonial belanda ,hutan,bendungan,dan lain lain namun diatas sudah cukup untuk memuaskan kegiatan wisata anda. Semoga anda yang berada di luar kota tertarik untuk singgah di kota tercinta kami. Blitar kuto cilik kang kawentar.



Advertisement