Home » » Investasi Emas Dan Properti, Mana Yang Lebih Menguntungkan ?

Investasi Emas Dan Properti, Mana Yang Lebih Menguntungkan ?

Advertisement
Pilih investasi emas atau property - banyak sekali pilihan yang bisa kalian jadikan investasi di masa depan, mulai dari reksadana, deposito, trading forex, maupun investasi yang sangat populer di saat ini yakni investasi dalam bentuk emas dan juga property.

Sebagai pemula seperti saya ini, tentu akan membuat hati galau dan bingung untuk menentukan investasi mana yang sebaiknya dipilih. Namun yang pasti untuk potensi jangka panjangnya, kedua investasi ini sama sama menguntungkan jika dijual kembali. selain harga nya yang selalu naik tiap tahunnya, kedua jenis investasi ini sangat tangguh dari badai inflasi.

investasi emas dan property


Dari kedua jenis investasi unggulan antara emas dan juga properti tentu saja memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing, dengan anda mengetahui beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari kedua jenis investasi ini, tentu akan lebih mempermudah kita dalam menentukan investasi mana yang baik antara emas dan property ini. Nah dibawah ini telah kami rangkumkan mengenai kelebihan serta kekurangan dari masing masing jenis investasi yang dimaksud.

Kelebihan investasi property


1. Harga jual yang selalu naik

Harga property akan semakin meningkat tiap tahunnya, hal ini dikarenakan jumlah penduduk yang semakin bertambah, sedangkan jumlah lahan hunian semakin menyempit dan terbatas.

2. Dapat dijadikan sebagai jaminan

Property ialah salah satu aset yang termasuk kedalam kategory produktif, dimana anda bisa menjadikan property yang kalian miliki sebagai jaminan atau agunan ketika anda membutuhkan dana dalam jumlah banyak.

3. Mampu memberikan penghasilan tambahan

Property dapat memberikan kita penghasilan tambahan berupa passive income jika dikelola dengan baik, misalkan saja lahan yang disewakan atau bangunan yang di kontrakkan.


Kekurangan investasi property


1. Biaya perawatan property

Biaya perawatan property yang lumayan mahal, terutama untuk bangunan rumah atau gedung yang tidak dihuni sering kali mengalami kerusakan yang lebih cepat, sehingga kita perlu berulang kali merenovasi. Untuk lahan tanah kosong biasanya kendalanya ada pada rumput rumput liar atau sampah sampah yang dibuang secara sembarangan oleh orang disekitar.

2. Pajak property

Kekurangan yang kedua ialah mengenai masalah pajak, mengurus pajak property ini juga lumayan merepotkan, namun tidak jadi masalah jika anda memiliki divisi khusus yang menangani masalah pajak dari property yang anda miliki.

3. Sengketa lahan

Kekurangan yang ketiga ialah mengenai sengketa, hal ini menjadi poin yang paling rumit dan membutuhkan tingkat ketelitian dan kewaspadaan yang tinggi dalam memeriksa keaslian dan keabsahan surat surat tanah dan bangunan.

4. Membutuhkan modal besar

Salah satu kekurangan yang dimiliki dari investasi di bidang property bagi orang orang yang minim akan modal tentu saja karena masalah harga tanah yang sangat mahal, minimal diatas seratus juta rupiah untuk berinvestasi property, itupun untuk ukuran tanah yang kecil dan lokasi nya pun belum tentu strategis.

5. Proses jual yang lama ( lambat diuangkan )

Jika anda salah satu agen property atau broker alias calo, pasti sudah merasakan susahnya menjual tanah maupun bangunan kepada orang lain meskipun memiliki banyak relasi, padahal tanah yang anda jual juga bukan tanah milik anda sendiri karena memang anda hanyalah calo. Apalagi jika anda termasuk orang pribadi yang ingin menjual tanah pasti akan mengalami kesulitan yang lebih lagi. Dalam menjual property yang dibutuhkan hanyalah membuat iklan sebanyak mungkin dan bersabar menunggu ada yang berminat beli dan menghubungi anda.

Baca juga : Berbagai dokumen yang diperlukan dalam membuka usaha


Kelebihan investasi emas


1. Cepat diuangkan

Memiliki investasi berupa emas ini memiliki kelebihan utama yakni sangat cepat untuk dijual atau diuangkan jika anda membutuhkan uang sewaktu waktu dan mendesak. Atau setidaknya bisa anda gadaikan langsung ke pegadaian, dana segar yang anda butuhkan pun langsung cair.

2. Tahan terhadap inflasi

Kelebihan lain dari investasi emas ialah ketangguhannya saat badai inflasi mendera suatu negara, hal ini telah terbukti berulang kali meskipun nilai mata uang naik turun, harga emas tidak begitu terpengaruh, sebab logam mulia emas ini menggunakan satuan SI ( Standard Internasional ).

3. Emas layaknya deposito

Selain disimpan dirumah, emas yang anda miliki pun bisa berfungsi selayaknya tabungan di bank, bahkan beberapa bank pun menawarkan tabungan berupa emas pada produk mereka. Selain harga nya yang terus merangkak naik, emas yang ditabung didalam bank khusus ini juga lebih cepat dicairkan dana nya.

4. Tidak membutuhkan modal yang besar

Investasi emas sangat berbeda dengan investasi property, untuk berinvestasi emas, anda tidak perlu merogoh kocek ratusan juta rupihan, cukup beberapa ratus ribu rupiah anda sudah bisa membeli emas untuk selanjutnya di simpan.

Kekurangan investasi emas


1. Resiko kehilangan emas

Jika anda menyimpan emas didalam rumah, sangat banyak sekali resiko yang akan kalian hadapi nantinya, mulai dari aksi pencurian hingga perampokan, yang mana selain membawa kerugian berupa hilangnya emas investasi anda, juga sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa kita jika menyimpan barang berharga didalam rumah.

2. Biaya yang besar untuk menyimpan di bank

Selain disimpan di rumah, emas yang kita miliki ini bisa disimpan di bank penyimpanan barang berharga atau safe deposit box, namun biaya yang harus kalian keluarkan untuk penyimpanan semacam ini juga tidak murah. Akan sangat merugikan jika emas yang kita miliki jumlah nya sangat sedikit jika di safe deposit box kan.

3. Pajak penjualan emas

Sama halnya dengan penjualan property, dalam menjual emas pun juga akan dikenai pertambahan nilah atau Pph sebesar 10% untuk emas yang sudah dalam bentuk perhiasan jadi, dan sebesar 0.45% untuk emas yang masih berbentuk emas koin atau batangan.

Baca juga : Mau investasi deposito ? pikirkan dahulu dengan membaca artikel ini

Nah itulah tadi beberapa kelebihan serta kekurangan dari investasi property dan emas, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share artikel nya. Terima kasih dan salam investasi.



Advertisement