Home » » Peluang Usaha Jamur Merang Hasil Jutaan Rupiah

Peluang Usaha Jamur Merang Hasil Jutaan Rupiah

Advertisement
Budidaya Jamur merang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena tumbuhan ini sering disajikan dalam menu menu makanan kelas menengah atas,walau sebenarnya kuliner berbahan jamur merang ini juga digemarinya namun hanya beberapa saja yang menyediakan menu andalan ini.

Jamur merang memiliki nama latin Volvariella Volvacea ini disebut dengan nama jamur merang karena pada jaman dahulu banyak sekali ditemukan tumbuh diatas sisa sekam padi hasil penggilingan,yang kemudian dicoba untuk dijadikan bahan makanan. Karena rasanya yang enak,kenyal serta bernilai nutrisi tinggi inilah yang kemudian banyak orang membudidayakan jamur merang .

Seiring bergantinya waktu dan tehnik budidaya,jamur merang ini tidak hanya dapat ditanam melalui media tanam berupa sekam padi saja,namun dapat ditanam juga pada media tanam seberti kardus.karena bahan yang satu ini sangat mudah didapatkan.

jamur merang
sumber gambar : anneahira.com

Harga per kilo dari jamur merang ini berkisar antara 9.000 hingga 12.000 rupiah per kilogram bila melalui pengepul. Bila saja anda dapat menjual langsung kepada calon konsumen harganya pun dapat lebih tinggi lagi hingga tembus 20.000 per kilogram nya. Coba hitung bila penghasilan panen anda per hari mencapai 10Kg/hari maka penghasilan anda dalam satu bulan keuntungan yang dapat anda peroleh minimal adalah 3 juta rupiah. Wah tentu sangat menggiurkan bukan bisnis budidaya jamur merang ini?. Bila anda tertarik untuk mencoba menjadi pembudidaya berikut adalah tata cara membudidayakan jamur merang :

Persiapan Lahan Budidaya Kumbung.
Kumbung adalah sejenis bangunan / petak yang sengaja dibuat untuk kegiatan budidaya jamur,tidak hanya jamur merang kumbung juga dapat digunakan sebagai tempat budidaya jamur apapun.
Bentuknya hampir mirip seperti rumah kaca,anda dapat membuat bangunan semi permanen dengan bahan bambu / besi dan dinding bisa menggunakan plastik. Bila anda ada modal lebih bisa juga membangun bangunan permanen. untuk permulaan anda dapat membuat bangunan ini dengan ukuran 6 meter x 4 meter dan dengan tinggi 3 meter. Didalam bangunan kumbung terdapat dua buah rak di kiri dan dikanan yang terbuat dari bambu,fungsi dari rak ini nantinya untuk menata media tanam,rak bisa dibuat hingga tiga tingkat atau disesuaikan dengan bentuk bangunan kumbung dan daya jangkau tangan ketika akan memanen .


kumbung budidaya
sumber gambar : kaskus.co.id


Bila anda memiliki keterbatasan modal cukup buat petakan kecil seperti kolam ikan saja untuk menaruh media tanam.



Bahan Media Tanam :

  • Jerami dan sekam padi.
  • Air kapur sirih.
  • daun kelapa anyam sebagai alas menata jerami diatas rak.


Pembibitan Jamur Merang.

  • Cari benih / bibit jamur merang pada tumpukan jerami sisa panen ( biasa disawah banyak ) atau anda dapat membeli bibit jamur merang ke penjual yang ada didaerah anda.
  • Cincang kecil kecil jamur merang tersebut untuk dijadikan bibit,masukkan kedalam wadah dan sterilkan dengan cara menyiram dengan air hangat.
  • Aduklah sekam padi kedalam wadah tadi kemudian tutup wadah tersebut dengan rapat dan biarkan berfermentasi selama kurang lebih 4 hari.
  • Setelah proses fermentasi selesai,silahkan anda buka tutup wadah tersebut,silahkan anda perhatikan bila didalam terbentuk serat jaring laba laba berarti pembibitan berhasil. Namun bila tidak menemukan yang dimaksud berarti proses gagal dan anda harus mengulang prosesnya dari awal.


Cara Budidaya jamur merang.
Setelah semua persiapan selesai dibuat,saatnya anda mulai melakukan pengkomposan media tanam caranya adalah sebagai berikut :


  • Campurkan bahan tanam berupa abu sekam,sekam padi serta jerami kemudian siram menggunakan air kapur sirih dan biarkan menjadi kompos selama kurang lebih 4 hari ( disebut proses pengkomposan ).
  • Setelah proses kompos selesai,silahkan tata media tanam diatas bedengan yang sebelumnya telah dialasi setinggi plus minus 20cm dari permukaan lantai.
  • Taburkan bibit yang telah anda buat tadi diatas permukaan kompos media tanam,setelah ditabur rata silahkan anda tutup lagi permukaan media tanam yang telah diberi bibit menggunakan sekam padi ( jangan terlalu tebal ).
  • Setelah itu bisa anda siram dengan alat penyiram bunga atau sejenisnya setiap pagi dan sore hari selama satu minggu ( anda dapat menambahkan 2 sendok makan pupuk urea kedalam 20 liter air guna mempercepat tumbuhnya jamur.
  • Dalam tempo 2 minggu setelah pembibitan maka akan tumbuh benih benih jamur merang.


Proses Panen jamur merang.
Dalam pemanenan,yang dipanen adalah jamur yang masih dalam keadaan kuncup,sehingga jangan sampai jamur merang ini tumbuh hingga mekar,setelah penutup kuncup robek saat itulah waktunya untuk memanen.

Jamur merang bukanlah jenis bahan pangan yang dapat disimpan dengan waktu yang lama,dengan demikian setelah anda panen sebaiknya langsung anda jual atau anda olah menjadi asinan atau dikeringkan bila menginginkan masa simpan yang lama.

Nah itulah tadi cara membudidayakan jamur merang,estimasi dalam setiap 45 kilogram media tanam jerami akan menghasilkan kurang lebih 14 kilogram jamur merang segar .



Advertisement