Home » » Mau Sukses Bisnis Ala Tionghoa Ini Dia Caranya

Mau Sukses Bisnis Ala Tionghoa Ini Dia Caranya

Advertisement
Sukses bisnis ala tionghoa sepertinya adalah topik yang akan kita bahas kali ini . Pernahkah anda melihat kenapa para pengusaha khususnya dari kalangan keturunan tionghoa kebanyakan sukses dalam mengelola bisnis apapun yang dijalankannya?. Bagi sebagian kecil dari kita mungkin seringkali merasa heran dengan keadaan ini,bahkan ada pepatah mengatakan tanpa adanya mereka ekonomi kita tidak akan berjalan karena mereka dapat di ibaratkan sebagai penggerak ekonomi .

Sebenarnya anda pun yang warga pribumi bisa sukses seperti mereka bila tahu cara mainnya . Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh suksesor tionghoa yang patut anda jadikan contoh .


sukses bisnis cina perantauan
1.Pembelajaran Sejak Dini .

Seorang pengusaha keturunan cina sangat mementingkan yang namanya keluarga. Usaha apapun yang dijalankan biasanya mereka melibatkan seluruh anggota keluarga untuk mengelola misalnya,mereka membuka usaha rumah makan maka sang istri pasti dipercayakan sebagai kasir dan ayah beserta anak anaknyalah yang menjadi pelayan melayani pelanggan . Dengan mengajarkan anak mereka sejak dini tentu membuat mereka TAHU akan seluk beluk bisnis diluar kepala mereka. Jadi jangan heran lagi bila pemudanya sekali membuka bisnis langsung sukses .

2.Pembukuan yang tertib dan hemat.
Kebanyakan dari mereka tidak akan pernah lupa untuk membukukan kegiatan bisnis mereka walaupun itu hanya sebagai agen makanan ringan atau snack . mengatur keluar masuknya data keuangan dengan sangat baik dan cermat adalah prinsip mereka .

3.Pengeluaran Sehemat Mungkin.
Bila mereka mengalami masa sulit,misalnya masih baru merintis sebuah usaha maka mereka membatasi pengeluaran seminimal mungkin dengan cara menjalani hidup secara sederhana . Bahkan mereka mampu menyimpan 80% penghasilan / keuntungan mereka untuk ditabung,sisanga 20% digunakan untuk kebutuhan hidup . Ingat peribahasa Hemat Pangkal Kaya?.

4.Berani Ambil Resiko .
Memiliki keberanian untuk mengambil segala resiko dan rintangan yang nantinya kita hadapi adalah prinsi Wirausaha sejati. Bila anda takut dengan kemungkinan resiko yang anda hadapi nantinya ( suka main aman ),jangan pernah berharap untuk dapat sukses .

5.Berani Berhutang .
Kebanyakan orang pribumi takut sekali dengan yang namanya hutang,jangankan ratusan juta,hutang diatas 10juta pun sudah takut tidak bisa mengembalikannya . Berbeda dengan orang keturunan,mereka berani berhutang di bank dengan nilai minimal ratusan juta untuk memulai sebuah bisnis . Dan apakah anda merasa aneh kenapa setiap orang tionghoa meminjam uang di bank terlihat lancar lancar saja,sedangkan kita orang pribumi dipersulit?. Jawabannya simpel,mereka memiliki budaya malu bila menunggak membayar hutang,karena inilah bank lebih mempermudah mereka dalam memberi pinjaman .

6.Tahu Cara Mencari Peluang .
Ini sebenarnya simpel saja .Bahkan kita mampu untuk mencari peluang usaha disekitar kita sama seperti mereka .Yang membedakan adalah beberapa point sebelumnya diatas,apakah anda berani?.

7.Survey Sebelum Berbisnis.
Berbeda dengan kita yang biasanya membuka usaha dengan ilmu angan angan. Wah kalau saya usaha ini akan bisa sukses karena dia juga sukses. Beda dengan mereka,mereka sebelum benar benar mewujudkan bisnisnya sudah melakukan survey kesana kemari bahkan tak egan untuk bertanya langsung kepada siapa saja yang memiliki sumber informasi penunjang keberhasilan usaha mereka . Itulah sebabnya sekali membuka usaha langsung meroket.

8.Mengutamakan Pelayanan yang ramah.
Bisa anda lihat sebagai pengusaha yang dibilang sukses mereka semua ramah dan santun dalam bertutur kata . Inilah yang membuat para pelanggan puas dengan layanan yang diberikan walaupun hanya sekedar basa basi belaka. Berbeda dengan yang tidak ramah dan murah senyum,pasti walaupun seorang keturunan china,tokonya hanya segitu saja tidak berkembang karena pelanggannya lari ke toko sebelah :) . Ada pepatah yang mengatakan
Bila tidak pandai tersenyum,jangan pernah membuat toko .
9.Pandai Menjaga Hubungan Relasi Bisnis.
Mereka orang tionghoa sangat pandai mencari relasi serta menjaga hubungan dengan sangat baik sehingga memiliki jaringan bisnis yang lebih luar daripada yang tidak memiliki relasi. Seringkali saya melintas di area kompleks perumahan yang sepi sekali,ditengahnya ada sebuah rumah makan yang sangat ramai pengunjung yang kesemua itu adalah para kenalan serta sahabat merekalah yang menjadi pelanggan . Salah satu cara mereka dalam menjaga hubungan dengan relasi adalah saling memberikan hadiah . Walaupun hadiah yang diberikat tidak begitu mewah dan bahkan bisa didapatkan dengan mudah di toko atau pasar,namun kesan yang ditimbulkan ini sangat besar sekali terhadap hubungan baik antara pengusaha dan pelanggan .

Berikut adalah daftar peluang usaha yang dapat anda coba untuk menekutinya,diantaranya adalah sebagai berikut :


Diatas adalah cara cara pengusaha tionghoa dalam mengelola dan memajukan usahanya hingga dapat meraih kesuksesan. Walaupun anda banyak melihat orang orang tersebut kelihatannya berfoya foya namun sebenarnya itu hanya sebagian kecil dari seluruh hasil usaha mereka . Apakah anda ingin sukses seperti mereka?,silahkan terapkan kiat kiat diatas dalam menjalankan usaha yang anda kelola .




Advertisement