Home » » Peluang Usaha Budidaya Kroto Ternyata Sangat Menjanjikan

Peluang Usaha Budidaya Kroto Ternyata Sangat Menjanjikan

Advertisement
Budidaya Kroto Blitar - Semakin banyaknya pecinta satwa berkicau yang membutuhkan kroto sebagai menu makanan utama hewan tersebut,tentu ini menjadikan peluang usaha yang bagus bagi anda . Seperti yang kita ketahui semua bahwa harga kroto saat ini tergolong mahal dan untuk mendapatkannya pun sulit sekali karena kebanyakan dari mereka mencari kroto langsung ke dalam hutan. Dengan membudidayakan semut rangrang pengasil kroto ini tentu selain anda tidak usah repot lagi mencari kroto ke hutan,anda atau pelanggan akan selalu mendapatkan kroto segar berkualitas tentunya.

Untuk memulai usaha ini pun tergolong sangat mudah dan modal sedikit bahkan tanpa modal untuk memulai usaha budidaya kroto. Cara budidaya kroto semut rangrang hampir sama dengan budidaya lebah madu hanya saja bedanya bila pada lebah madu yang kita ambil adalah madu nya,dalam budidaya ini larva dari semut ini yang kita manfaatkan. Bila anda mulai tertarik dengan cara usaha budidaya kroto semut rangrang berikut adalah hal hal yang wajib anda ketahui :

1.Lokasi tempat budidaya.
Untuk tempat budidaya kroto ini memerlukan tempat yang cukup sejuk dan cukup akan cahaya matahari. Hampir diemua wilayah indonesia memiliki iklim tropis yang cocok untuk digunakan sebagai lokasi budidaya semut rangrang penghasil kroto.

2.Sarang semut.
Semut adalah hewan koloni yang mana membutuhkan sarang sebagai tempat tinggal bersama kelompoknya. Untuk sarang semut rangrang ini sendiri anda bisa membuatnya dari toples kerupuk besar,atau botol aqua 1.5 liter tergantung yang mana yang anda anggap raktis. Cukup mengisi bagian dalam toples dengan ranting pohon atau apa saja yang dapat dijadikan persembunyian semut ,dan memberikan lubang berukuran 3x6 cm sebagai tempat keluar masuknya semut untuk mencari makanan.

3.Ratu semur rangrang.
Dalam kelompok hewan koloni peran dari sang ratu ini sangat penting bagi perkembangan sebuah koloni,ini kenapa setiap hewan koloni tanpa ratu tidak dapat menghasilkan apa apa. Anda dapat mendapatkan ratu semut rangrang ini dengan mencari langsung di sarang semut rangrang yang ada di alam liar maupun bisa membeli kepada peternak yang biasanya memiliki banyak ratu semut. Dalam satu toples biasanya terdapat setidaknya atu atau dua Ratu semut.



Ciri dari ratu semut adalah memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada semut rangrang yang lain,bersayap besar dan tidak banyak melakukan gerakan. Perhatikan pula ketika nanti anda memanen kroto bila menemukan larva dengan ciri demikian jangan ikut dijual,biarkan tetap didalam sarang hingga tumbuh menjadi ratu selanjutnya anda bisa membuatkan sarang yang baru.

4.Makanan dan Minuman.
Agar semut dapat bereproduksi dengan cepat kebutuhan makanan dan minuman perlu kita perhatikan disini dan untuk pakan dan minum sendiri tidak begitu sulit. Cukup memberikan pakan berupa serangga seperti jangkrik,belalang dan sebagainya 3 sampai 6 ekor dalam setiap sarang sudah lebih dari cukup. Untuk minuman semut sendiri cukup dengan rebusan air yang ditambah sedikit gula. Mudah bukan?

5.Masa Panen.
Bila anda menerapkan tata cara yang benar sesuai yang saya sebutkan pada point diatas,dalam waktu 15 hingga 30 hari dalam satu toples besar bisa menghasilkan 1 kilogram larva Kroto. Kalikan saja bila anda memiliki setidaknya 10 sarang semut rangrang. 
Untuk cara memanennya juga tidak kalah mudah,cukup buka penutup toples dan tinggal ambil menggunakan tangan yang sudah dilengkapi dengan sarung tangan.

NOTE***
Sebaiknya anda tidak memanen semua larva yang ada,sisakan setidaknya 25% larva agar bisa tumbuh menjadi semut baru yang tentunya membuat usaha budidaya ternak kroto ini bisa semakin cetar membahana.

Dalam memanen juga perhatikan bila ada larva semut berukuran lebih besar dari lang lainnya itu adalah calon ratu,silahkan anda ambil dan tinggalkan disarang untuk bisa tumbuh menjadi ratu baru di dalam sarang baru.

6.Pemasaran Hasil.
Untuk memasarkan hasil panen berupa kroto anda tidak perlu berusah payah layaknya salesman yang menjual setrika listrik. Ada dua pilihan dalam melakukan pemasaran,yang pertama adalah pemasaran secara langsung dan yang kedua adalah pemasaran melalui pengepul .

2.1.Pemasaran langsung.
Anda dapat memasarkan hasil panen kepada relasi anda yang pecinta burung kicau,atau anda dapat datang kepada penjual burung berkicau untuk bekerjasama dalam penjualan. 

2.2.Pemasaran via pengepul.
Pemasaran model ini sebenarnya bagus karena setiap anda panen,mereka bersedia menampung berapa banyakpun hasil panen dari anda karena mereka tentu memiliki channel relai yang luas,namun kekurangannya adalah harga yang ditawarkan oleh para pengepul ini tergolong murah karena mereka juga mau mendapatkan untung dari sini.

Oh iya selain larva yang dijual anda pun bisa menjual paket usaha misal dalam satu toples yang berisi 500 ekor semut plus ratu dijual dengan harga terjangkau Rp.100.000 hingga Rp.200.000 an.

Apakah anda adalah orang yang tinggal didaerah pedesaan?,jangan lupa baca peluang usaha berikutnya dalam artikel Peluang Usaha Membuat Pupuk Organik Cair.
Terimakasih telah berkunjung ke website kami dan semoga semakin banyak peluang peluang usaha yang akan dibagikan disini.



Advertisement