Home » » Peluang Usaha Jualan Jus Buah Untung Menggiurkan

Peluang Usaha Jualan Jus Buah Untung Menggiurkan

Advertisement
Peluang usaha jus buah - salah satu peluang usaha yang patut anda coba adalah menjadi penjual jus aneka buah, karena usaha ini hingga saat ini masih sangat diminati oleh para ibu ibu, bapak bapak, mas mas dan juga mbak mbak yang prospeknya lumayan menggiurkan. Selain dimanfaatkan untuk usaha sampingan agar memperoleh penghasilan tambahan, usaha ini pun sangat ocok di manfaatkan untuk usaha utama karena memang keuntungannya sangatlah banyak walaupun usaha seperti ini terbilang sangat simpel.

jus buah


Pada dasarnya dalam memulai merintis usaha jus aneka buah tidaklah membutuhkan modal yang banyak sehingga usaha ini begitu menjamur di berbagai kota besar di indonesia saat ini. Nah bagi anda yang mungkin saja tertarik untuk mulai membuka usaha berjualan jus aneka buah, langkah awal yang harus kalian lakukan adalah mencari lokasi berjualan yang strategis, hal ini dikarenakan lokasi yang strategis adalah penentu kesuksesan dalam berbisnis. Adapun analisa modal serta tips bagaimana memulai usaha jualan jus buah telah kami rangkumkan dibawah ini.


Sekilas analisa Break Event Point  ( BEP ) berjualan Jus Buah, BEP adalah nilai balik modal.

Pembelian gelas jus                     Rp. 1.500.000
Pembelian gerobak jus medium  Rp. 3.000.000
Pembelian meja kursi                  Rp. 2.000.000
Biaya sewa lokasi per tahun        Rp. 10.000.000
Bahan baku alat dan buah           Rp. 10.000.000

Total biaya pengeluarannya adalah : Rp26.500.000

Omset per hari dengan harga jus @8000 : Rp. 200.000
Selama 1 bulan adalah                             :  Rp. 6.000.000

Analisa Break Event Point nya adalah
Rp26.500.000 : Rp. 6.000.000 = 4.4 bulan
Jadi dalam tempo 4 hingga 5 bulan usaha anda sudah balik modal dan selebihnya adalah keuntungan.

Diatas adalah analisa jika anda membuka usaha jus di lokasi seperti ruko yang biaya sewa tempatnya lumayan mahal, namun jika hanya berjualan dengan menggunakan gerobak di pinggir jalan analisanya juga akan berbeda lagi, dan break event point nya juga berbeda. Berikut adalah analisa buka usaha jus buah dengan gerobak kecil dan biaya sewa tempat yang murah di tepi jalan :

Pembelian gelas jus                     Rp. 1.500.000
Pembelian gerobak jus kecil       Rp. 2.500.000
Pembelian meja kursi                  Rp. 1.500.000
Biaya sewa lokasi per bulan        Rp. 300.000
Bahan baku alat dan buah           Rp. 2.000.000

Total biaya pengeluarannya adalah : Rp 7.800.000

Omset per hari dengan harga jus @8000 : Rp. 200.000
Selama 1 bulan adalah                             :  Rp. 6.000.000

Analisa Break Event Point nya adalah
Rp 7.800.000 : Rp. 6.000.000 = 1.3 bulan
Dengan menggunakan gerobak kecil dan ongkos sewa lokasi yang murah ini, dalam tempo tidak sampai 2 bulan anda sudah balik modal, dan selebihnya adalah keuntungan.

Dari kedua analisa diatas, karena adanya perbedaan sewa lokasi maka estimasi balik modalnya juga berbeda, balik modal dengan sewa lokasi yang mahal jauh lebih lama.

Baca juga : Peluang usaha membuat abon tuna yang menguntungkan


Tips agar suses merintis usaha jus buah

Setelah mengetahui estimasi pembelian peralatan, bahan dan biayasewa lokasi diatas, beberapa faktor dibawah juga sangat menentukan sukses tidaknya anda dalam berwirausaha, adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lokasi Yang Strategis

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap usaha apapun yang dijalankan, termasuk dalam berjualan jus aneka buah ini faktor lokasi yang strategis adalah salah satu faktor penting yang perlu anda perhatikan. Pastikan anda mengingat ini " lingkungan ramai bukan berarti ber omset". Banyak lokasi lokasi yang ramai sekali namun nyatanya tidak mendatangkan pembeli akibat kesalahan kita dalam mencari lokasi usaha. Khusus untuk usaha jus buah ini sangat cocok di buka di daerah perkampungan penduduk perkotaan atau di lokasi yang dekat dengan perkantoran ataupun mall. Untuk lokasi lain silahkan dianalisa sendiri, bila perlu anda lakukan survey kecil kecilan terhadap minat masyarakat sekitar akan adanya jus buah.

2. Menentukan Pangsa Pasar Konsumen

Faktor yang tak kalah penting lainnya adalah mengenai pangsa pasar konsumen, pada umumnya jus buah ini pangsa pasarnya luas sekali dari mulai anak anak hingga orang dewasa pun suka dengan yang namanya jus. Untuk perkembangan usaha yang lebih baik pastikan anda menargetkan pangsa pasar terlebih dahulu, sebagai contoh jika anda berjualan di lokasi dekat sekolahan, maka kalian bisa menargetkan pangsa pasar pada anak anak sekolah, buatlah variasi jus yang menarik dan disukai oleh anak anak tentunya. Namun bila anda termasuk orang yang santai, membidik seluruhnya juga tidak jadi masalah.

3. Membuat jus dengan cita rasa yang enak

Dalam membuat jus memang sangat mudah, cukup potong buah, masukkan mesin blender dan jadilah jus. Namun perlu diingat bahwa para konsumen juga tahu cara membuat jus, bahkan mereka bisa membuatnya sendiri dirumah, lalu apa alasan mereka membeli jus di anda ? nah agar mereka memilih membeli jus di anda maka buatlah resep jus yang enak, nikmat dan disukai oleh para pelanggan. Berikan mereka citarasa yang unik dan enak, jika jus buah kalian rasanya biasa biasa saja, merupakan hal yang tidak mungkin usaha anda akan dikalahkan oleh kompetitor disekitar.


4. Pelayanan Yang Memuaskan

Salah satu penunjang sukses dalam berbisnis jus buah ialah pelayanan terhadap pelanggan yang memuaskan. Hal ini bukan tanpa alasan sebab masyarakat indonesia ini merupakan type konsumen yang pandai dan sangat pemilih bila sudah berhubungan dengan pelayanan. Bahkan karena si penjualnya terlihat songong mereka ogah kembali membeli jus di anda. Nah maka dari itu agar usaha jus buah anda semakin lancar jaya, pastikan anda memberikan pelayanan yang memuaskan seperti murah senyum, menjaga kebersihan peralatan jus buah, menjaga kebersihan buah buahan, serta menjaga lokasi tempat jualan agar senantiasa bersih, dengan begitu pelanggan pun akan betah nongkrong di lokasi jualan anda. Bahkan jika itu harus antri panjang pun mereka rela.


5. Nama usaha yang menarik

Selain beberapa poin diatas, membuat nama usaha yang unik adalah salah satu cara mensukseskan sebuah usaha. Lihatlah beberapa jenis usaha yang menggunakan nama unik terbukti sukses meraup untung dari berwirausaha dibandingkan dengan yang menggunakan nama biasa, hal ini karena nama yang tidak biasa tersebut mengundang calon pembeli penasaran sehingga membuat mereka membeli produk anda. Untuk yang satu ini silahkan dianalisa sendiri.

Baca juga : Peluang usaha buka jasa cuci sepeda motor untung besarrr

Nah itulah tadi beberapa penjelasan mengenai peluang usaha jualan jus aneka buah yang hasilnya sangat menggiurkan. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.


Advertisement