Home » » Peluang Usaha Blitar Pembibitan Tanaman Pertanian

Peluang Usaha Blitar Pembibitan Tanaman Pertanian

Advertisement
Bibit tanaman di Blitar - banyaknya lahan pertanian di blitar tentu membuka peluang usaha bisnis pembibitan tanaman pertanian bagi anda karena bisnis ini masih tergolong jarang yang menggeluti. Selain modal,lahan pembibitan pun menjadi alasan utama kenapa bisnis ini jarang sekali orang yang mau menekuninya padahal bila dihitung hitung keuntungan yang didapat dari usaha pembibitan ini sangatlah tinggi hampir 300% keuntungan yang dapat kita peroleh.

Bila anda mau berusaha sedikit saja tentu pintu rejeki akan terbuka lebar bagi anda,untuk menggeluti usaha ini sebenarnya tidaklah seulit yang kita bayangkan karena semua bahan sudah tersedia dan tinggal kitanya saja bagaimana cara mengelolanya. Untuk usaha pembibitan ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut :

usaha pembibitan


Modal .
yang paling utama dari sebuah bisnis adalah modal,tanpa modal sangat mustahil bagi kita untuk cepat memperoleh sukses,anda dapat melakukan peminjaman kepada bank terdekat di daerah anda karena saat ini hampir semua bank memberikan layanan pinjaman bagi usaha kecil dan menengah. Bila tidak ada bank terdekat silahkan datang ke koperasi yang ada didesa anda untuk meminjam modal.

Lokasi dan Lahan .
Untuk memulai usaha pembibitan tanaman pertanian anda tidak memerlukan lahan yang luas,cukup 2 atau 4 petak sawah dapat anda sulap menjadi area budidaya yantinya. Lokai yang bagus tentu berada di daerah pinggir persawahan .

Keahlian .
Secara umum keahlian dalam bercocok tanam perlu dimiliki dan ini tidak lah sulit untuk dipelajari. Cukup mengetahui bagaimana cara merawat tanaman yang baik,pemupukan yang baik dan pemilihan calon bibit yang baik. Anda dapat belajar keahlian ini secara otodidak dengan bertanya langsung ke para petani atau bisa mencari materi tentang keahlian ini di internet yang sudah banyak sekali yang mengulasnya .

Bibit unggulan .
Untuk bibit yang hendak dibudidayakan sebaiknya adalah bibit unggul varietas 1 . Anda dapat membeli bibit unggulan ini kepada agen dan distributor bibit yang ada didaerah anda,andapun bisa melakukan kerjasama dengan agen agen ini nantinya. bila anda termasuk orang yang kreatif bisa juga sambil melakukan kawin silang untuk mendapatkan benih unggul baru.

Pemasaran .
Untuk memasarkan produk bibit siap tanam ini tidaklah sulit karena ditunjang dengan lokasi yang dekat area persawahan tentu tidak perlu diberi tahu petani sudah tahu usaha anda. Sebaiknya untuk lebih menarik minat calon konsumen anda bisa membuat lahan percontohan untuk lebih meyakinkan .
Bibit yang dicari konsumen.
Dalam usaha pembibitan inipun anda juga perlu mengetahui tanaman apa saja yang biasanya petani tidak mau menunggu lama untuk menanam dari awal sehingga mereka memilih untuk membeli benih semai dari anda. Biasanya cabai,tomat,terung, adalah yang paling banyak disemaikan. Untuk tanaman yang lain silahkan anda lakukan survey di daerah anda masing masing. Untuk bibit tanaman yang lain semisal padi,jagug anda tidak perlu untuk menyemaikan,anda cukup menjualnya dalam bentuk biji benih yang sudah dikemas.

Kerja Sama .
Tanpa adanya kerjasama tentu anda merasa kesulitan untuk menjalankan usaha ini ,anda dapat bekerjasama kepada agen benih unggul,petai,koperasi,dan beberapa relasi anda untuk memuluskan bisnis anda. Sebagai contoh anda bisa melakukan kerjasama dengan para petani,mereka boleh mengambil bibit yang sudah disemaikan dari anda dan membayarnya ketika mereka sudah panen. Atau bekerjasama dengan teman teman anda yang memiliki lahan persawahan untuk dijadikan lokasi usaha pembibitan ini. Dengan beberapa koperasi atau bank untuk memperoleh dana dan lain sebagainya.

Cukup dengan beberapa point yang saya sebutkan diatas anda dapat memulai untuk memulai usaha pembibitan tanaman pertanian dengan skala kecil atau sedang.




Advertisement