Home » » Apa Itu Petok D ? Pengertian Status Tanah Petok D

Apa Itu Petok D ? Pengertian Status Tanah Petok D

Advertisement
Pertanahan - pernahkah kalian mendengar istilah tanah petok D, tanah girik, dan tanah surat ijo ( tanah surat hijau ) di surat kabar yang disitu terdapat iklan jual beli tanah dengan status tanah PETOK D ?

Dalam edisi kali ini kita akan fokus membahas apa itu tanah yang berstatus petok D, untuk status lainya akan kita bahas di kesempatan berikutnya.

Pada jaman dahulu di tahun 1960 an nilai kuantitas dari petok D setara dengan surat kepemilikan tanah saat ini alias sama dengan sertifikat tanah ( ingan ini jaman dahulu loh ya ), namun seiring bertambahnya tahun serta adanya perubahan tentang undang undang pertanahan, petok D saat ini hanyalah berfungsi sebagai tanda bukti bahwa pemegang petok D ini telah membayar pajak atas tanah yang tercantum didalam petok tersebut.

tanah petok d


Sehingga bila kita lihat dari segi hukum, kekuatan nya sangatlah lemah dibandingkan dengan sertifikat tanah saat ini.

Namun ternyata banyak masyarakat yang tidak mengetahui secara jelas fungsi dari petok D ini dan mereka menganggap bahwa petok D ini sama halnya dengan sertifikat tanah, dan dari ketidak tahuan masyarakat inilah banyak para oknum nakal yang memainkan petok D ini dalam transaksi jual beli tanah. Bahkan banyak orang yang tertipu karena ternyata petok D yang dianggap surat berharga itu ternyata ada yang kembar ( palsu ) sehingga banyak orang yang dirugikan dengan hal semacam ini.

Lalu bagaimana cara membeli tanah dengan status petok D yang benar dan bukan penipuan?

Caranya mudah, silahkan anda bawa petok D si penjual ke kantor desa atau kelurahan dari lokasi tanah yang akan anda beli, silahkan ditanyakan apakah identitas yang ada didalam petok D tersebut benar dan tercatat pada catatan induk pertanahan setempat ataukah fiktif.

Apakah tanah berstatus petok D bisa di uruskan sertifikat SHM ?

Tentu saja bisa diuruskan sertifikat dengan prosedur pengurusan yang disyaratkan.
Nah, semoga artikel ini dapat memberikat manfaat bagi anda yang kebingungan mencari arti tanah petok D.

Baca juga Siapkan hal ini sebelum anda membuka usaha sendiri


Advertisement